Indonesia For Sale!!


2 Januri 2007

Indonesia, sebagai bangsa yang hari ini hanya tetap eksis hanya karena bantuan dari luar negeri, tidak ada solusi apapun bagi bangsa ini untuk tetap eksis kecuali segera mengambil sikap yang tegas pada dua hal. Pertama, ikut gerbong Barat (AS) secara total, atau, kedua, berhadapan sepenuhnya terhadap Barat seperti yang dilakukan Iran, Suriah, atau Irak sekalipun. Sayangnya kedua pilihan itu sangat-sangat berat!

Indonesia sesungguhnya telah masuk sangat jauh kedalam perangkap kapitalisme dunia bukan saja dari segi ekonomi, tapi juga ideologi dan politik. Dikarenakan sikap Indonesia yang ambivalen terhadap kedua pilihan tadi, maka secara halus tapi sangat sistimatis melalui penerapan politik global negara-negara Barat yang sedang berlangsung saat ini, bangsa ini secara pelan-pelan sedang menghadapi kebangkrutan total.

Indonesia saat ini hanya sedang dibiarkan oleh permainan politik global untuk merasakan masa sulit dan ruginya karena tidak betul-betul “bersahabat” dengan Barat sampai pada suatu keadaan dimana pemerintah Indonesia akan sepenuhnya berlutut dan memohon bantuan kepada Barat bukan saja secara ekonomi, tapi juga secara ideologi – politik dan sosial – budaya. Pada saat itu semua struktur pemerintahan tidak lebih hanya sebagai kaki-tangan atau boneka bagi seluruh kepentingan Barat di negeri ini. Pada saat itu pula pemerintah Indonesia tidak akan segan-segan mengorbankan rakyat bangsa sendiri demi memenuhi konsesi yang telah dijanjikan pada Barat!

Indonesia adalah bangsa yang besar hanya secara geografis dan jumlah penduduk, namun makin lemah secara nasionalisme, ekonomi dan ideologi – politik. Nasionalisme memang sudah hampir terlupakan oleh bangsa ini, tapi sayangnya ekonomi dan politik bangsa ini telah benar-benar terbeli secara langsung maupun tidak langsung lewat tangan-tangan kolaborator asing di negeri ini. Betapa tidak, barapa banyak kebijakan ekonomi pemerintah yang lebih senang mengikuti keinginan pasar global ketimbang apa yang dibutuhkan rakyat sendiri. Berapa banyak kebijakan politik pemerintah yang lebih mentolerir tuntutan politik global meski rakyat sendiri yang menjadi korban fitnah maupun korban fisik. Lucunya jangan harap akan muncul seorang presiden-pun yang dibutuhkan bangsa ini kecuali atas restu Barat sebelum maupun sesudah pemilihan umum!

Indonesia saat ini hanyalah kumpulan rakyat bangsa yang oleh pemerintahnya sendiri yang pengecut, tidak berani mengambil sikap, selain telah mengorbankan rakyat sendiri dari pada susah bersama-sama rakyat karena berani bersikap tegas terhadap tekanan-tekanan Barat secara langsung maupun tidak langsung. Sikap pengecut dan tidak berani mengambil sikap yang tegas pemerintah itu telah berhasil membuat hampir semua pejabat diseputar struktur institusi negara berebut kesempatan untuk melakukan korupsi, atau semacam korupsi yang dilegalkan, atau kebijakan ekonomi pemerintah yang dengan alasan yang kalkulatif namun faktanya menginjak leher rakyat. Atau kebijakan politik pemerintah yang karena war on terrorism ala Amerika telah banyak mengorbankan rakyat sendiri.

Indonesia mungkin akan terpaksa memilih satu dari dua pilihan tadi. Pilihan kedua pasti rakyat akan menjadi korban, bukan pemerintah, tapi pilihan pertama, pemerintah akan seperti berada di surga dan sebagian besar rakyat akan lebih baik secara ekonomi. Tapi sayangnya pilihan pertama bukan saja menunjukan bangsa yang telah terjual kepada kekuatan Barat, tapi juga akidah sebagian besar umat muslim negeri ini akan ikut terjual!! Alam seperti bergeliat resah dengan menunjukan begitu banyak bencana kepada bangsa ini. Apakah alam juga sedang berusaha memperingatkan kalau sesungguhnya bangsa ini sedang berjalan kearah yang salah?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s


%d bloggers like this: